KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN TANJUNGPINANG "TANJAK RESCUE" TANGGUNGJAWAB, JUJUR, AMANAH DAN KEIKLASAN


Tenggelamnya Kapal KM Lintas Laut 3


Bintan - KM Lintas Laut 3 berkapasitas 6 Grose Tone (GT) tenggelam di Perairan Pulau Mapur, Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir), Rabu (11/3/2020) sekitar pukul 13.00 WIB. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’Min, S.E., M.M. mengatakan  bahwa Com Centre SAR Tanjungpinang mendapatkan informasi kecelakaan Laut Tenggelamnya Kapal KM Lintas Laut 3 itu dari MPA Singapura di Konfirmasi bersama Pihak Agen Kapal  “Petugas Kami mendapat laporan itu dini hari sekitar pukul 04.40 WIB,” ungkap Mu’Min ,Kamis (12/3/2020).


Infromasi yang diperoleh bahwa Kapal kayu LM Lintas laut 3 GT 6 bermuatan bubu kepiting dan Umpan, tenggelam karena diterjang ombak dan angin kencang sehingga Kapal Miring lalu tenggelam di Perairan Mapur.Pada saat itu Kapal Tanker MSC Carla 3 yang sedang melintas menuju Singapure melihat sejumlah ABK meminta tolong pada lokasi kejadian.“3 ABK kapal yang terapung diselamatkan oleh Kapal MSC Carla 3, setelah berkoordinasi bersama MPA Singapura meminta Kapal tersebut melaksanakan Intercept ke 3 korban tersebut, MSC Carla pun melenjutkan pelayaran menuju koordinat Intercept di Perairan Batu Ampar Kota Batam,”ungkapnya.


Selanjutnya, sekitar pukul 05.00 WIB, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang memerintahkan Kapal KN SAR Purworejo 101 untuk bergerak menuju Perairan Batu Ampar Batam untuk melaksanakan penyelamatan terhadap 3 orang korban yang berada di dalam Kapal MSC Carla 3 tsb.Informasi ditambahkan  oleh Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjung, KM Lintas Laut 3 yang membawa bubu Kepiting memiliki 7 orang ABK. Kapal tersebut berlayar dari Jembatan II Barelang Kota Batam menuju Perairan Pulau Mapur Kecamatan Bintan Pesisir Kabupaten Bintan. Sesampainya di Perairan Pulau Mapur Agen Kapal Lost Contact oleh Nahkoda Kapal dan ternyata Kapal KM Lintas Laut 3 tenggelam.“Dari 7 ABK, Baru 3 orang yang berhasil diselamatkan sedangkan 4 orang lagi hingga saat ini dinyatakan Dalam Pencarian,”sebutnya.

Tiga Dari 7 orang selamat ABK kapal itu adalah :
1. Isak Doli (30)
2. Jafersus Wetang (26)
3. Danil (35).
Sedangkan 4 orang ABK yang masih dalam pencarian adalah :
1. Junaidi (30) Nahkoda
2. Avis (25)
3. Miran (24)
4. Hamdan (35).
“Hingga saat ini pencarian terhadap korban masih terus kami lakukan,”sebut Mu’Min pada Media.



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : chandra
20 March 8:50 WIB