MV Indra Bupala Kandas di Perairan Lobam, Tim SAR Evakuasi 40 Penumpang Selamat


TANJUNGPINANG – Sebuah kapal bernama MV. Indra Bupala dilaporkan kandas di Perairan Lobam, Senin (15/7). Sebanyak 40 penumpang berhasil dievakuasi tim SAR gabungan dalam keadaan selamat ke Pelabuhan Lobam. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Mumin Maulana melalui laporan tertulis menyebutkan, kapal berbedera Singapura tersebut kandas di posisi 01 00 37 N- 104 13 31 E, tepatnya di Pelabuhan Lobam Kabupaten Bintan. Laporan ini pertama kali diterima dari seorang warga bernama Lina yang pihak keluarganya berada di atas kapal tersebut. 

Lina yang menghubungi Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang pukul 09.00 WIB mengatakan bahwa kandasnya kapal terjadi sekitar pukul 08.25 WIB. 

Berdasarkan laporan tersebut diketahui bahwa kapal sedang melaksanakan pelayaran dari Singapura menuju Bintan. Faktor cuaca yang kurang baik disertai hujan lebat serta terbatasnya jarak pandang kapten diduga menjadi penyebab kandasnya kapal di batu karang yang saat itu air laut sedang surut. 
Selang 10 menit setelah menerima laporan, tim rescue dan ABK bergerak menuju lokasi kejadian yang berjarak 17 NM dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang. 

Selain 40 penumpang, ada 8 orang kru yang masih tetap berada di kapal menunggu pasang laut dan selanjutkan direncanakan untuk lepas dari kandas. Dari 40 penumpang terdapat warga negara Singapura 16 orang, Indonesia 2 orang, Malaysia 12 orang, Philipina 2 orang, Jepang 1 orang, India 3 orang, Australia 2 orang, UK 1 orang, dan Perancis 1 orang.

Unsur SAR yang terlibat yakni Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang, PLP TJ. Uban,  Ditpolair Polda Kepri, dan Pos AL Tanjung Uban. (an)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru
15 July 13:15 WIB