Kepala Basarnas Lakukan Kunjungan kerja ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang


Batam - Senin, 25 Maret 2019 Kepala Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas Ny. Rina Bagus Puruhito melakukan kunjungan ke Galangan Kapal PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS) Di Tanjung Uncang, Batam.

Didampingi Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan, dan Kesiapsiagaan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto; Direktur Sarana Prasarana Marsekal Pertama TNI Hanafi; dan Inspektur Brigjen TNI Chanlan Adilane melihat dua (2) buah Kapal Penyelamatan (Rescue Boat) dengan bahan bimetal dengan panjang 68,76 meter.

Dalam sambutannya, Kepala Basarnas menyampaikan bahwa Kapal yang masih dalam proses pengerjaan tersebut merupakan kapal induk yang bisa mensupply bahan bakar ke unsur-unsur yang sedang melakukan operasi pencarian dan pertolongan hingga 500 ton. Selain itu, kedua kapal itu juga mampu melakukan penyulingan air laut/ asin menjadi air tawar dengan kapasitas 100 Ton/ hari.

WhatsApp Image 2019-03-25 at 8.04.02 PM.jpeg

"Memiliki kecepatan minimal 16 Knot kapal ini juga memiliki dua (2) VIP Cabin, dua (2) Master Cabin (Captain dan Engineer Room), dua (2) Officer Room, tiga (3) Officer room, dua (2) helikopter Pilot Room, empat (4) crew room untuk 24 orang ABK, serta rescue room untuk 16 orang", jelas Kepala Basarnas.

Kapal ini juga mempunyai satu (1) unit pompa water canon dengan kapasitas minimal 125 HP dengan daya tembak minimal 60 meter, dua (2) unit Bow Thruster Cap. 100 HP dilengkapi dengan hydrolic Power Pack yang dipasang dibagian haluan kapal, 2 (dua) unit RHIB yaitu berkapasitas 4 (empat) orang outboard engine 80 HP, memiliki 2 (dua) unit Rubber boat dilengkapi dengan outboard engine 40 HP, 2 (dua) unit Crane Foldable Telescopic dengan kapasitas minimal 4,5 Ton dan memiliki 4 (empat) buah Inflatable Life Raft dengan kapasitas 50 orang.

"Keseluruhan spesifikasi tersebut diharapkan dapat membantu proses operasi pencarian dan pertolongan agar dapat mempercepat pencarian korban dan meminimalisir kejadian lebih membesar/ memburuk", tegas Bagus.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : nita
25 March 20:06 WIB